Press "Enter" to skip to content

Paket Wisata Milky way by Camping di kawah Ijen

Paket Wisata Milky way by Camping di kawah Ijen

Api biru atau Blue Fire serta milky way adalah fenomena alam yang ditawarkan dalam Paket Wisata Milky way by Camping di kawah Ijen yang menjadi daya tarik bagi para wisatawan. Banyak cara untuk menghabiskan liburan di tempat wisata Kawah Ijen. Salah satunya dengan camping. Ternyata tak hanya di Bromo saja, wisatawan bisa mendirikan tenda dan menikmati indahnya alam di Jawa Timur ini, namun, jika kamu memilih kawah Ijen sebagai destinasi wisatamu, maka kamu juga bisa nge-camp di kawasan ini.

Paket terkait: Paket wisata milky way by camping di gunung Bromo 2 hari

Cara terbaik bagi kamu dan rombonganmu untuk berwisata ke Kawah Ijen untuk paket wisata kawah Ijen milky way 2 hari 1 malam adalah dengan menggunakan jasa tour and travel, karena nantinya acaramu bisa terstruktur dan ada pula jaminan keamanan bagi para wisatawannya. Ini dia rundown acaramu jika memutuskan untuk nge-camp di kawasan Kawah Ijen.

Hari 1: Penjemputan oleh pihak tour and travel

  1. Jika kamu memilih tour and travel sebagai pemandu wisatamu, maka kamu dan rombongan akan dijemput oleh driver di tempat yang telah disepakati sebelumnya, misalnya hotel, bandara, terminal, maupun stasiun.
  2. Setelahnya, driver akan mengantarmu menuju tujuan pertama sebelum esok hari kamu mendaki ke kawah Ijen. Dan tujuan pertama ini adalah desa Kalisat Jampit, yang letaknya di kaki gunung Ijen. Perjalanan menuju desa tujuan ini melewati kota Bondowoso, yang pemandangan ketika kamu berkendara tak boleh dilewatkan.
  3. Saat makan siang, biasanya driver akan membawa wisatawannya ke tempat makan siang lokal. Mumpung berada di Jawa Timur, kamu tak boleh melewatkan sajian lokal mereka yang tentu berbeda dari daerah lain.
  4. Usai istirahat sejenak melepas penat serta makan siang nikmat, saatnya melanjutkan perjalanan kembali menuju desa Kalisat Jampit.
  5. Biasanya para wisatawan akan langsung menuju pos pendakian Paltuding, Inilah start point pendakian untuk menuju Kawah Ijen yang terkenal itu. Sebelumnya, pihak tour and travel akan menyiapkan segala perlengkapan yang dibutuhkan. Perlengkapan yang komplit akan membuat pengalaman trekkingmu lebih aman dan nyaman.
  6. Sampai di Paltuding, kamu harus mendaftar sebagai peserta pendakian, dan yang tak boleh diabaikan adalah bahwa pendaki harus mematuhi setiap aturan yang ada dan tak boleh melanggar larangan yang ada demi keamanan pendaki.
  7. Setelah tiba dibibir kawah kamu bisa mendirikan tenda dan berkemah atau camping di sini, yang sebelumnya sudah dikoordinasikan dengan pihak tour and travel. Jadi, mereka akan siap mendirikan tenda dan segala akomodasinya di atas puncak.
  8. Usai makan malam, kamu harus langsung istirahat, untuk persiapan berburu milky way pada malam harinya.

Hari 2: Petualangan di Kawah Ijen pada Malam hari

  1. Jam satu dini hari, kamu akan dibangunkan dan diminta cuci muka serta bersiap untuk berburu keindahan Milky way sampai selesai.
  2. Setelah pandangan milky way berkurang, anda bisa turun kembali ke dasar kawah untuk melihat blue fire atau api biru yang melegenda yang terbentuk karena proses pembakaran belerang.
  3. Saat subuh tiba, kamu juga bisa melihat aktivitas para penambang belerang yang mengambil dengan susah payah belerang dan memikulnya turun gunung. Selain itu mereka masih menggunakan caratradisional untuk mengambil belerang.
  4. Setelah puas dengan pemandangan blue fire, aktivitas penambangan belerang, serta sunrise, maka saatnya bersiap kembali ke Paltuding.
  5. Sebelumnya para porter dan guide akan  mengajak anda untuk sarapan sambil menikmati pemandangan sekitar kawah ijen.
  6. Tiba di paltuding kemudian, driver kami akan mengantar anda pulang sabagai tanda bahwa Paket Wisata Milky way by Camping di kawah Ijen selesai.

Paket Wisata Kawah gunung Ijen Milky way by Camping

Sampai di sini, Paket Wisata Milky way by Camping di kawah Ijen berakhir. Pengalaman camping serta mendakimu ke kawah Ijen tentu tak akan terlupakan. Ada banyak hal yang patut dijadikan bahan rujukan untuk kembali mengunjungi tempat ini di lain waktu.